Selasa, 01 Maret 2016

Sisi Lain Dari Suku Baduy: Sistem Kalender

Sistem Kalender Suku Baduy:
  1. Sapar/Kapat : Seba, Narawas, Nyacar
  2. Kalima          : Inisiasi, Perkawinan, Muja
  3. Kanem          : Nukuh, Selametan
  4. Katujuh         : Ngaduruk, Ngaseuk Serang
  5. Kadalapan    : Ngaseuk Huma Pu'un
  6. Kasalapan    : Ngaseuk Huma Tangtu
  7. Kasapuluh    : Ngaseuk Huma Warga
  8. Hapit-lemah  : Mipit
  9. Hapit-kayu   : Semi Panen
  10. Kasa            : Kawalu Tembeuy
  11. Karo            : kawalu Panengah
  12. Katiga          : Kawalu Tutug, Ngalaksa


Narawas, artinya mencari atau memilih lahan untuk dijadikan huma. Nyacar, berarti menebas rumput atau semak belukar. Nukuh, berarti mengeringkan rumput dan hasil tebasan lainnya. Ngaduruk adalah kegiatan membakar sampah yang telah dikumpulkan pada kegiatan nukuh. Ngaseuk, artinya membuat lubang kecil dengan menggunakan aseukan (penugal) untuk mananam benih padi. Menugal dilakukan oleh pria, sedangkan memasukkan benih padi ke dalam lubang tugalan dilakukan oleh perempuan. Ngirab sawan, membersihkan sampah bekas ranting dan daun atau tanaman lain yang mengganggu tanaman padi yang sedang tumbuh.

Mipit adalah kegiatan pertama kali memetik atau menuai padi. Tiga bulan saat pemanenan tersebut sering pula dikenal dengan bulan kawalu. Penelitian ini dilakukan pada bulan kawalu tengah. Dibuat, berarti menuai atau memotong padi (panen). Ngunjal, artinya mengangkut hasil panen padi dari huma ke lumbung padi.

Nganyaran, upacara makan nasi baru atau nasi pertama kali hasil dibuat di humaserang. Seluruh tata urutan perladangan di ikuti oleh masyarakat Baduy.
 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lembaga adat Baduy dipimpin oleh tiga orang puun. Ketiga pimpinan tertinggi ini berasal dari tiga kampung keramat di Baduy Dalam, yaitu Cibeo, Cikeusik dan Cikartawana. Puun adalah orang suci keturunan karuhun (leluhur) yang berkewajiban menjaga kelestarian pancer bumi dan sanggup menuntun warganya berpedoman pada pikukuh atau ketentuan adat mutlak sebagai panduan perilaku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Popular Posts

Designed By Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates